KLINIK TERAPI MANIPULATIF DAN REHABILITATIF CEDERA OLAHRAGA

Klinik Terapi Manipulatif dan Rehabilitatif Cedera Olahraga merupakan salah satu layanan kesehatan yang berada di gedung Health Sport Center (HSC) yang dimiliki oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Yogyakarta. Selain memberikan pelayanan kepada publik, Klinik Terapi Manipulatif dan Rehabilitatif Cedera Olahraga merupakan salah satu laboratorium FIK untuk menunjang kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai Sarana Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.  Klinik terapi manipulatif dan rehabilitatif cedera olahraga ini memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan, serta sebagai tempat pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan bidang keilmuan. Dosen maupun mahasiswa FIK UNY dapat menggunakan klinik terapi ini untuk mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya terapi sesuai dengan perkembangan zaman.

Salah satunya yaitu Program Studi Ilmu Keolahragaan (Prodi Ikor) merupakan program studi S1 Non-kependidikan di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ini menyiapkan dan menghasilkan mahasiswa sebagai tenaga profesional dalam bidang olahraga kesehatan, khususnya terapi dan rehabilitasi fisik, aktivitas fisik adaptif, kebugaran jasmani dan manajemen olahraga. Dalam proses menyiapkan tenaga profesional, Prodi Ikor memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang profesi di bidang olahraga kesehatan melalui Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Kegiatan PKL merupakan kegiatan penerjunan mahasiswa pada instansi dan lembaga yang berkaitan dengan kompetensi-kompetensi yang ada pada bidang ilmu keolahragaan. Diantara lembaga dan instansi tersebut meliputi: pusat terapi, pusat rehabilitasi fisik, sekolah luar biasa (SLB), pusat kebugaran, serta organisasi-organisasi olahraga. Klinik Terapi Manipulatif dan Rehabilitatif Cedera Olahraga merupakan salah satu pusat terapi yang dapat digunakan mahasiswa sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan PKL.

Pelaksanaan kegiatan PKL saat ini dilaksanakan sesuai dengan aturan masa pandemic. Pada hari Senin tanggal 5 Oktober 2020, Klinik Terapi Manipulatif dan Rehabilitatif Cedera Olahraga menerima penerjunan mahasiswa Prodi Ilmu Keolahragaan FIK UNY sebanyak sembilan orang untuk melaksanakan kegiatan PKL. Kesembilan orang mahasiswa tersebut terdiri dari delapan orang sebagai terapis dan satu orang membantu di manajemen Klinik Terapi. Di tempat PKL ini, mahasiswa diwajibkan untuk mengamati, mengenal, dan mempraktikkan semua kompetensi sesuai bidang kompetensinya dalam lingkup olahraga kesehatan khususnya terapi. Pengalaman yang diperoleh saat melaksanakan kegiatan PKL diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa dalam memasuki dunia kerja sebagai praktisi keolahragaan di bidang olahraga kesehatan khususnya bidang terapi dan manajemen, yang memiliki keterampilan, keahlian, dan sikap yang profesional.